Jumat, 20 Juli 2012

Satelit Indonesia


LAPAN AKAN BANGUN SATELIT OPERASIONAL
Jakarta, Lapan.go.id – Saat ini teknologi satelit di Indonesia sedang berkembang. Perkembangan ini dimulai dengan keberhasilan Lapan meluncurkan satelit Lapan-Tubsat pada 2007. Rencananya, Lapan akan meluncurkan dua satelit lagi yaitu Lapan A2 (Lapan-Orari) pada pertengahan 2012 dan Lapan A3 (Lapan-IPB) pada 2014.
Guna mengantisipasi perkembangan teknologi satelit di Indonesia yang semakin meningkat, Lapan menyelenggarakan workshop teknologi satelit. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (10/7).
Kepala Lapan memberikan sambutan saat pembukaan workshop roadmap teknologi satelit.
Dalam sambutannya, Kepala Lapan, Bambang S. Tejasukmana, mengatakan bahwa workshop ini merupakan tahap awal dari rencana Lapan untuk membangun satelit yang operasional. "Satelit tersebut nantinya memiliki manfaat langsung kepada masyarakat atau stakeholder serta kualitas dan keberlangsungan penyediaan datannya terjamin. Satelit Lapan yang operasional tersebut juga diupayakan agar komplemen dengan satelit lainnya," ujarnya.
Workshop ini dihadiri oleh 46 peserta dari berbagai kementerian dan lembaga. Dalam kegiatan ini dibahas mengenai berbagai kecenderungan teknologi satelit di Indonesia, antara lain kecenderungan tele-edukasi dan infrastruktur di Indonesia, kebutuhan data meteorology dari satelit GEO, penggunaan teknologi satelit di TNI, kebutuhan satelit untuk mendukung program pangan nasional, dan dukungan industri untuk pengembangan teknologi satelit di Indonesia.
Sumber : Lapan