Rabu, 18 Juli 2012

Senapan Penembak Runduk Buatan Indonesia

SPR adalah singkatan dari Senapan Penembak Runduk. Ciri khas dari senapan jenis ini adalah senapan  ini memungkinkan penembak untuk mengatur ketinggian posisi dan stabilitas senapan dengan cara mengatur bipod pada bagian bawah depan laras serta melihat sasaran dengan alat bidik tipe teleskop yang memungkinkannya menembak sasaran yang berjarak jauh dengan akurasi yang tinggi. Pindad SPR tersedian dalam tiga varian yaitu SPR-1 dan SPR-3 yang menggunakan peluru kaliber 7,62 mm x 51 mm dan SPR-2 yang menggunakan peluru kaliber .50 BMG atau 12,7 x 99 mm.
SPR-1
SPR-1
Menggunakan mekanisme pemicu ledak tipe bolt action dengan mengadopsi model senapan Remington 700
peluru dimasukkan secara satu per satu karena senjata varian ini tidak memiliki magazen. Senjata dilengkapi dengan bipod dan popor model thumb-hole stock dan cheeckpiece yang dapat diatur ketinggiannya. 
SPR-2
SPR-2
Diproduksi tahun 2007 untuk melengkapi jajaran senapan runduk lainnya terutama produksi Yugoslavia, Black Arrow M53. Masih mirip dengan pendahulunya SPR-1 namun telah dilengkapi dengan magazen berisi lima butir peluru, posisi popor yang dapat diatur, juga karena menggunakan peluru jenis Heavy Sniper Riffles atau Anti Material Riffles, kaliber .5 BMG, senjata ini memiliki kemampuan menembus plat baja setebal dua cm dalam jarak 500 m. 
SPR-3
SPR-3
Tambahan fitur masih sama dengan varian SPR-2 namun memiliki peningkatan dalam kemampuannya menembus baja setebal 3 cm pada jarak 700 m.