Selasa, 07 Agustus 2012

Menu Buka Puasa Dari Berbagai Negara


Di Bulan puasa ini ingin rasanya kita selalu menyajikan menu yang spesial bagi anggota keluarga baik saat sahur maupun berbuka. nah kali ini saya akan meringkas beberapa menu buka puasa dari mancanegara yang bisa menjadi inspirasi bagi yang bingung mencari menu untuk berbuka puasa

1. Turki
Di kota-kota besar seperti Istanbul akan berlomba-lomba melakukan penawaran khusus untuk menu berbuka puasa selama bulan Ramadhan. Yaitu satu set menu yang dibuka dengan menghidangkan sup iftariye, roti pide (roti panggang yang khusus hanya dijual selama bulan Ramadhan), pastırma, sujuk, dan berbagai kue-kue yang disebut börek. Hidangan utama terdiri dari berbagai makanan khas dari Turki terutama makanan tradisional Ottoman. Hmm sungguh menggoda lidah

2. Lebanon
Menu khas masyarakat lebanon untuk buka puasa umumnya mezza, tabbouleh, houmous, dan berbagai macam daging panggang. Menu-menu tersebut akan menambah nikmatnya buka puasa setelah seharian menahna lapar dan dahaga

3. Yordania
Ada dua menuh has masyarakat Yordania untuk berbuka, mansaf dan qatayef. Mansaf adalah hidangan khas Yordania yang berupa daging domba yang dibumbui dengan rempah-rempah. Sedangkan Qatayef adalah hidangan sejenis pancake dengan kayu manis dan diisi dengan kenari dan gula. Untuk menikmati qatayef, kurang lengkap rasanya jika disantap tanpa ditemani sirup madu. 

4. Mesir
Masyarakat muslim negera piramida tersebut biasanya berbuka dengan medames. Di samping medames yang menjadi hidangan utama, ada juga menu lainnya yang turut menyemarakkan waktu berbuka seperti molokheya yang dibuat dari ayam dan nasi. Biasa dibilang tiada Ramadhan di Mesir tanpa menu-menu tersebut. 

5. India
Di kota Hyderabad, menu buka puasa yang banyak dijumpai adalah Hyderabad Haleem. Makanan ini merupakan makanan khas daerah setempat yang mirip dengan bubur gandum tradisional dengan citarasa yang pedas, gurih, dan biasanya disajikan dengan daging domba. 

6. Pakistan
Di Pakistan ada stau menu khas untuk berbuka yaitu samosa. Samosa adalah makanan khas lezat yang terasa pedas dan berbentuk segitiga. Menariknya, selama bulan Ramadhan, warung-warung yang menjual hidangan samosa ini akan sangat mudah sekali dijumpai di seluruh penjuru Pakistan. 

7. Bangladesh
Bangladesh mempunyai beberapa menu khas yang biasanya disajikan ketika berbuka. Piyaju, beguni, jilapi, muri, halim, tanggal, samosa, dal puri, chola, dan berbagai jenis buah-buahan seperti semangka akan menjadi hidangan berbuka. Sementara minuman seperti rooh afza dengan berbagai cita rasa dan serbet lemon adalah menu berbuka cukup populer di seluruh Bangladesh. 

8. Malaysia
Ada berbagai macam makanan khas negeri Malaysia yang tersedia dalam Bazaar Ramadhan (pasar makanan lokal yang buka selama bulan puasa) seperti air tebu, nasi lemak, laksa, percek ayam, nasi ayam, sate dan lain-lain. Walupun sebenarnya makanan tersebut juga dapat dijumpai selain pada bulan Ramadhan, tapi rasanya kurang lengkap berbuka puasa di Malaysia tanpa menu-menu di atas. 

9. Indonesia
Di Negeri kita pun terdapat puluhan bahkan ratusan jenis kuliner yang biasa disajikan oleh umat Muslim di Indonesia ketika menantikan berbuka puasa. Namun hanya satu menu yang seakan - akan jadi menu wajib berbuka, apa itu ? Ya Ya benar, kolak lah menu buka puasa wajib ada saat berbuka puasa di Indonesia. Kolak adalah makanan dengan isi bisa berupa pisang, singkong, ubi atau campuran dari ketiganya dengan kuah yang dibuat dari bahan santan dan gula, ada juga yang menambahkan dengan pacar cina. Selain itu minuman segar lainnya semacam cendol atau dawet juga akrab sebagai menu berbuka.

Sumber: Shvoong