Jumat, 16 Desember 2011

Makanan Sehat

Jepang memang sering memegang rekor manusia tertua di dunia, tapi jangan salah, Yunani adalah pusat dari rata-rata usia terpanjang manusia di dunia. Rahasianya ternyata mudah, penduduk Yunani rata-rata berusia panjang karena rajin meminum kopi dengan ukuran yang tepat. Nah kan!

Beberapa penelitian sebelumnya menemukan bahwa kopi dapat mencegah penyakit jantung dan membantu orang hidup lebih lama. Penelitian University of Athens menunjukkan bahwa meminum secangkir kopi setiap hari dapat meningkatkan elastisitas pembuluh arteri sehingga menghindarkan manusia dari serangan jantung. Penelitian ini dilakukan kepada 485 orang dengan tekanan darah tinggi yang berusia 65 hingga 100 tahun dan tinggal di Ikaria, salah satu pulau di Yunani yang sepertiga penduduknya berusia 90 tahun. Tradisi minum kopi sangat terjaga di pulau ini, dan hebatnya tingkat kematian karena serangan jantung sangat rendah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 56 persen yang meminum kopi 1-2 cangkir sehari memiliki elastisitas arteri yang berfungsi normal seperti halnya orang-orang dalam usia muda,. bahkan lebih elastis dibandingkan orang muda yang tidak minum kopi sama sekali. Kandungan kafein pada kopi dipercaya mampu mengambil oksida nitrat di arteri pada penderita hipertensi. Nah, apakah anda sudah minum kopi hari ini?

Sumber: Shvoong